Senin, 05 Januari 2015

Pengantar Bisnis 1

Tugas Individu Pengantar Bisnis


Bisnis Rumahan







NAMA:
Handika Oki Prasetyadi
KELAS:
1EB31
NPM:
24214737

BISNIS RUMAHAN



I.                    PENDAHULUAN
Assalamualaikum. Wr. Wb.  Senang sekali dengan rahmat Allah SWT saya dapat kembali menyelesaikan tugas individu pengantar bisnis saya berupa membuat tulisan. Yang mana pada kali ini saya membuat tulisan bertemakan bisnis rumahan. Alasan saya mengangkat tema ini karena menurut saya bisnis rumahan begitu asik untuk diulas, begitu menarik dan banyak digandrungi oleh pembisnis di luar sana. Dalam tulisan ini meliputi pengertian, bagaimana memulai, tips-tips menarik dan banyak lagi. Semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat bagi permbaca, selamat membaca .

II.                  ISI

APA ITU BISNIS RUMAHAN?

Memilih sebuah bisnis rumahan punya tantangan tersendiri, terlebih kalau anda masih mencari bisnis rumahan apa yang cocok untuk anda.
Pernahkah anda berpikir, kenapa anda mencari sebuah peluang bisnis ? Apakah untuk mendapatkan mobil baru, rumah baru, berlibur, atau mungkin anda sudah bosan bekerja dan ingin full time sebagai pebisnis/pengusaha?
Baiklah, apa itu bisnis rumahan? Bisnis rumahan adalah usaha yang kita lakukan dengan berbasis di rumah, bisnis rumahan sebenarnya membutuhkan waktu yang banyak untuk mengembangkannya.
Sebuah bisnis rumahan bukanlah investasi kecil tapi laba yang besar dan bukanlah sebuah usaha cepat kaya.
Jangan heran kalau anda akan mengeluarkan banyak uang untuk pertumbuhan dan perkembangan bisnis rumahan anda.
BAGAIMANA MEMULAINYA?
Untuk membantu Anda agar tidak takut memulai usaha, berikut kami informasikan tips bagaimana cara memulai bisnis rumahan yang bisa Anda coba.
Sebelum memulai ussaha rumahan, pastikan semua persiapan sudah siap. Mulai dari memilih ide bisnis yang akan dijalankan, persiapkan lokasi yang ingin Anda gunakan (bisa di rumah atau sewa tempat yang tidak jauh dari rumah), target pasar bisnis Anda, sampai peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha. Sehingga bisnis rumahan yang Anda jalankan, dapat berjalan dengan lancar.
Gali segala potensi yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis rumahan. Gunakan fasilitas yang sudah ada di rumah, dan hindari pembelian fasilitas baru yang tidak terlalu dibutuhkan. Utamakan untuk membeli perlengkapan yang produktif, untuk meminimalisir biaya operasional.
Walaupun usaha Anda dilakukan di rumah, namun kelola bisnis tersebut secara professional. Tentukan beberapa jam Anda menjalankan bisnis, serta bedakan jam kerja dan jam untuk  mengurus keluarga. Selain itu, hal yang tidak kalah penting yaitu memisahkan uang usaha dengan uang keluarga. Kelalaian pelaku usaha yang paling sering adalah menggabungkan uang usaha dan uang pribadi, jadi perkembangan usaha juga terhambat.
Jika Anda membutuhkan tenaga kerja untuk membantu operasional usaha, lebih baik rekrutlah masyarakat yang ada di sekitar Anda. Misalnya saja anggota keluarga atau tetangga rumah Anda, hal ini akan memudahkan Anda dalam membangun kerjasama tim. Meskipun dari lingkungan terdekat, namun tetap lakukan seleksi untuk mendapatkan karyawan yang benar-benar berkualitas.
Selanjutnya yang harus Anda pikirkan adalah strategi pemasaran produk. Anda bisa mulai memasarkannya dengan promosi yang tidak memakan banyak biaya namun cukup efisien. Misalnya saja dengan menawarkan door to door pada tetangga rumah, atau membawa produk Anda setiap Anda keluar rumah. Seperti saat mengikuti arisan, kumpul keluarga, atau saat mengantar dan menjemput anak sekolah. Mempromosikan produk Anda dari mulut ke mulut, bisa Anda jadikan sebagai langkah awal mengenalkan produk. Sebelum akhirnya Anda mengembangkan pasar yang potensial.
Action!!!! Setelah semua perencanaan tersusun dengan matang, selanjutnya adalah LAKUKAN. Jangan hanya besar angan tapi NOL tindakan, kesuksesan memulai bisnis rumahan tidak dapat terwujud jika Anda tidak berani mencoba. Lebih baik gagal dalam melangkah, daripada gagal untuk mencoba.
Namun yang terpenting, sebelum menjalankan bisnis sampingan sebaiknya diskusikan terlebih dulu kepada suami dan keluarga Anda. Sebab dukungan mereka sangat berpengaruh terhadap kemajuan bisnis Anda. Lakukan dalam pelbagai kesempatan untuk berbagi pikiran dengan suami Anda dalam mengatur langkah perubahan dengan berjalannya bisnis yang Anda akan tekuni.
CONTOH-CONTOH BISNIS RUMAHAN.....
-Jasa Deasin Online

Menjual barang lewat web toko online, saat ini memang tengah menjadi trend berjualan ayang akan terus ditiru oleh banyak pemula dan jangan heran bila suatu saat ada banjir toko online di internet. Persaingan memang padat, namun peluangnya justru masih banyak.
Saya katakan banyak, lantaran banyak produk yang nampak potensial saat ini yang belum optimal di pasarkan lewta media online. Persaingan ketat saat ini masih didominasi bisnis jual beli barang-barang fashion, dan banyak orang ingin berjualan baju di internet karena bisa dapat banyak konsumen yang tenunya berimbas pada hasil yang sangat menguntungkan.
-Jasa penjual di jejaring sosial & web

Msih berkaitan dengan bisnis rumahan yang menguntungkan dari dunia online. Menjadi jasa penjual di facebook maupun web toko online, bisa juga menjadi pilihan kita. Bisnis ini sangat menguntungkan, karena kita hanya bermodal komputer dan koneksi internet, selebihnya modal yang perlu kita siapkan adalah tekni SEO yang bagus.
Seseorang bisa menjadi tenaga penjual atas barang milik orang lain atau pihak grosir untuk ditawarkan dalam web toko online yang dikelola. Dan ini tentunya sangat menguntungkan, karena ada komisi dari setiap penjualan yang terjadi.
-Jasa potong rambut

Bisnis rumahan yang menuntungkan yang ketiga adalah jasa potong rambut. Ya, potong rambut merupakan usaha yang cukup sederhana namun syarat dengan laba tinggi, asal rumah kita berada di lokasi strategis seperti di pinggir jalan. Pada areal potensial seperti kawasan padat penduduk, usaha jasa tukang cukup cukup laris bila layanan serta harga yang ditawarkan cukup bersahabat.
Untuk biaya atau ongkos pangkas rambut, mungkin di kisaran 5 – 10 ribu, dan tiap hari tentu bisa membidik konsumen yang jumlahnya cukup besar, banyangkan saja meski pengasilan perhari seminim-minimanya adalah 50 ribu, namun modal yang dikeluarkan hanya tenaga saja.
-Agen tiket online
Jelang lebaran biasanya teradi lonjakan jumlah penumpang pesawat terbang maupun kereta api, dan ini merupakan peluang besar bagi usaha jasa seperti agen penjualan tiket. Dengan cukup menjalankan usaha ini dari rumah, maka konsumen di ranah online yang jumlahnya cukup besar, bisa kita bidik secara maksimal.
Dan kebutuhan akan tiket pesawat maupun kereta, tentunya tak hanya jelang hari rasa saja, namun setiap hari selalu ada oran yang bepergian menggunakan alat transportasi seperti kereta api dan pesawat terbang.
Itu dia beberapa contoh dari bisnis rumahan, banyak lagi loh contoh-contohnya. Mereka mendapatkan sukses dari kerja mereka. Kunci nya adalah keuletan dan kesabaran karna bisnis harus diiringi dengan pemikiran yang kreatif dan juga kesabaran yang lebih. Karna tak selaluapa yang kita harapkan berjalan sesuai rencana. Tetaplah, energik, inovatif, kreatif, ikhtiar dan istiqomah. Kesuksesan pasti ada di depan mata .


III.                PENUTUP

Itulah tadi sedikit tulisan dari saya. Pada intinya, semua tergantung kita sebagai pembisnis. Dengan adanya keseimbangan antara usaha dan tawakal, insyaAllah apa yang kita inginkan akan tercapai. Begitu juga dengan memulai bisnis. Bisnis rumahan ini adalah contoh kecil dari banyaknya macam bisnis yang ada. Semoga isi dari tulisan ini dapat bermanfaat dan menginspirasi bagi pembacanya. Mohon maaf jika ada salah penggunaan kata, terimakasih telah membaca. Wassalamualaikum,wr, wb.

IV.               DAFTAR PUSTAKA

http://revolsirait.com/bisnis-rumahan/
http://bisnisukm.com/bagaimana-cara-memulai-bisnis-rumahan.html
http://forum.kompas.com/ekonomi-umum/303148-pertimbangan-sebelum-memulai-bisnis-rumahan.html
http://usahapeluang.org/4-contoh-bisnis-rumahan-yang-menguntungkan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar